FAQ

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL UNTUK PEMAKAIAN NUTRILENG

  1. Apakah ada perlakuan khusus setelah dibooter ? ===>Prinsipnya tidak ada perlakuan khusus, kalau berbunga masa kemarau disarankan disiram 2-3 kali seminggu supaya bunga tidak rontok. Pas bunga pentil kalau ada dana dipupuk KNO3 (cara: dibenamkan tanah atau di kocor).
  2. Kapan boleh dibooster lagi? ==>Kalau seperti itu kemungkinan pohon belum pulih kondisinya, Habis panen biarkan 2-3 bulan sampai lebat lagi daunnya, baru setelah itu dibooster lagi, tidak boleh buru buru. Jadi disarankan di booster lagi tapi sebaiknya pada akhir masa hujan, jangan pas banyak hujan karena pupuk/booster bisa larut terbawa hujan sebelum sempat diserap tanaman.
  3. Dosis untuk lengkeng dalam tabulampot berapa ya?   ===> 1 botl untuk 3 tabulampot (ukuran besar). (1/3×500 ml + air 2 liter)
  4. Mengurangi kerontokan bunga; bisa pakai pupuk KNO3 bisa disemprot atau dibenamkan ke tanah.
  5. Kalau jenis lengkeng bisa berbuah alami ya bisa. tapi pengalaman lengkeng jenis apapun sulit/ga konsisten berbunga. Jadi ya kalau mau berbunga tiap tahun dipacu pakai NUTRILENG.
  6. Pemakaian pupuk lain ?  ===> Kalau KNO3 boleh, tapi kalau NPK jangan karena malah bisa rontok (efek panas). Anjuran aplikasi NKP sebelum berbunga.
  7. Perawatan rutin lengkeng sebelum dibooster caranya gimana ? ==> yang simpel aja pupuk NPK mutiara atau NPK phonska. Rutin diberikan pada awal hujan dan akhir musim hujan.
  8. Masalah bungan rontok, apakah ini karen lalat ijo ?  ==> akibat bunga rontok banyak faktor: angin, hujan, atau pohon kurang sehat/subur karena pupukpendukung tambahan yang rutin tiap tahun sangat minim jadi mudah rontok. Lalat Ijo tidak masalah sama halnya lebah/kupu malah membantu penyerbukan.

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL UNTUK PEMAKAIAN FERTIDURIO

  1. Umur berapa th DURIAN BOLEH DI BOOSTER  ? ===> umur yang paling aman seperti anjuran pada label > 5 th.   Umur 4 Th bisa di booster kalau pohon sehat/subur. Kalau < 3 th agak riskan, pasti berbunga tapi kemungkinan besar rontok karena terlalu muda. Dan selanjutnya memang pengaruh ke pertumbuhan pohon bisa agak lambat.
  2. Aplikasi saat musim kemarau tidak ada air sama sekali caranya gimana?  Aplikasi saat kemarau malah lebih bagus tetapi ya memang harus di siram. Paling tidak 1 bulan pertama harus di siram air seminggu 2 kali.  Bulan ke-2 seminggu 1 kali. Selanjutnya tidak di siram tidak apa apa. Kalau tidak ada air sama sekali kalau toh pun berbunga biasanya rontok.
  3. Aplikasi Nutrileng/Ferti durio bulan Agustus ini (saat musin kemarau) bagus yang penting di siram air meski dikit. Karena pas muncul bunga/buah udah masuk musim hujan jadi buah tidak rontok dan rasanya bisa manis
  4. Ini ada yg tanya sudah aplikasi tapi buahnya kecil sbb:
    Yg beli dulu saya aplikasi kan, buahnya kecil kecil , ada solusi nya?
    Kalau pohon sering dibooster bisa berakibat buah jd kecil.
    Solusinya : ada tambahan pupuk spt Kno3 atau Npk mutiara.
    Kalau mau dibooster lagi pohon dipastikan udah pulih daunnya kembali lebat.
    Usahakan pohon udah pulih kondisi tajuk dan daunnya lebat kembali baru dibooster lg.  Buah pecah dan kecil bisa dikasih pupuk Kno3 atau dikombinasi pupuk calcium
  5. Bos…durian monthong saya rasa hambar…
    Adakah POC yg bisa bikin rasanya normal..???
    Ada.
    Kita puny 1 paket pupuk durian :
    1. Ferti durio : pemacu bunga/buah
    2. Kalci plus : utk mencegah rontok bunga buah
    Aplikasi ditabur/disiram
    3. Fertical : utk memperbesar buah, menambah manis buah dan mencegah daging buah bongko/keras.
    Aplikasi disemprot.
    Ketiga pupuk harus diaplikasi secara berkelanjutan supaya hasil bagus.
Iklan